Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Kaki

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Kaki


Penampilan merupakan hal utama bagi kaum wanita. Tak jarang mereka rela melakukan aneka perawatan demi mendapatkan penampilan yang sempurna. Mulai dari suntik botox hingga operasi plastik. Namun, terkadang mereka mengabaikan perawatan pada area kaki. Padahal, menjaga kesehatan kulit kaki juga sangat penting dilakukan untuk menunjang penampilan yang sempurna.

Sebenarnya, untuk menjaga kesehatan kulit kaki tidaklah terlalu sulit dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan kulit kaki:

Periksa Kondisi Kulit Kaki Secara Teratur
Pastikan kondisi kulit dalam keadaan sehat dan tidak mengalami perubahan atau penyimpangan seperti perbedaan warna kaki, ketebalan dan suhu serta mengalami pecah-pecah. Jika terjadi perubahan ekstrim, segera konsultasikan dengan dokter.

Cuci Kaki Setiap Hari
Biasakan mencuci kaki untuk menjaga kebersihannya. Keringkan kaki setelah dicuci, karena kaki yang basah akan membuat kulit kaki menjadi tidak elastis dan mudah mengalami pecah-pecah.

Potong Kuku Kaki Secara Teratur
Jangan memotong kuku terlalu pendek karena akan menimbulkan luka pada kulit. Jika menggunakan cat pada kuku, sebaiknya pemakaiannya tidak terlalu lama, maksimal 1 minggu. Pemakaian cat kuku yang terlalu lama akan menyebabkan kuku menjadi rapuh.

Rendam Dalam Air Hangat dan Lakukan Pengelupasan
Rendam kaki dalam air hangat selama 10 menit untuk melembutkan kulit kaki dan agar lebih mudah dalam mengangkat sel kulit mati. Setelah itu, mulailah melakukan pengelupasan dengan cara menggosok area tumit, telapak kaki dan jari menggunakan batu apung atau alat bantu khusus.

Gunakan Pelembab
Selalu gunakan pelembab khusus kaki setelah melakukan pengelupasan, agar kaki selalu terjaga kelembabannya.

Gunakan Sepatu Yang Nyaman
Pilih sepatu yang nyaman untuk kaki, karena dapat membantu menjaga kesehatan kaki dan mencegah kaki menjadi pecah-pecah. Selain itu, alas kaki yang nyaman akan membuat kaki tidak mudah lelah saat beraktifitas.

Berikan Waktu Istirahat Yang Cukup Untuk Kaki
Kaki pecah-pecah bisa disebabkan karena terlalu lama berjalan atau berdiri. Untuk itu, diperlukan istirahat yang cukup bagi kaki agar kondisi kesehatan kulit kaki selalu terjaga.

Pijat Kaki
Setelah beraktifitas selama satu hari penuh, luangkan waktu untuk melakukan pijatan pada kaki. Hal ini akan membantu kaki menjadi lebih rileks.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pengikut